Anda tidak perlu mencari ide yang melangit dan susah Anda wujudkan. Berpikirlah sederhana, namun Anda meyakini jenis usaha yang akan Anda jalankan memiliki prospek yang bagus. Bagaimana caranya?

Lakukan analisa SWOT! Ini akan mengukur semua hal yang mungkin dan tidak mungkin dilakukan oleh pengusaha sebagai penilaian awal dan pemberian informasi penting dalam menentukan jenis usaha yang akan dijalankan. Berikut cara sederhana yang bisa Anda terapkan :

1. Kekuatan

Telusuri kekuatan yang dimiliki dengan menganalisa hal-hal berikut :
Apakah lokasi usaha cukup strategis?
Apakah sumber bahan baku mudah diperoleh?
Dan berbagai kekuatan yang bisa dimanfaatkan. Sebagai contoh, jika lokasi usaha berada dekat kampus, maka Anda bisa memilih jenis usaha kos-kosan, warnet, rental komputer, dan sebagainya.

2. Kelemahan

Analisa kelemahan yang dimiliki, tanpa perlu memaksakan diri menjalankan jenis usaha yang memang kita tidak mampu melakukannya. Sebagai contoh, Anda tidak perlu membuka usaha warnet jika tidak paham sama sekali masalah komputer dan internet.

3. Peluang

Perhatikan dengan seksama setiap peluang yang dapat dimanfaatkan dan bisa mendatangkan manfaat. Sebagai contoh: membuka jenis usaha makanan di lingkungan perkantoran, dan sebagainya.

4. Ancaman

Amati ancaman yang mungkin terjadi terhadap usaha yang Anda jalankan. Apalagi Terlebih jika ada pesaing yang memiliki kemampuan yang lebih baik dari Anda. sebagai contoh: investasi saham, di mana kita tidak memiliki cukup ilmu tentangnya.

Cobalah untuk selalu jeli melihat setiap peluang yang muncul di sekitar Anda, karena ide melimpah dimana saja. Ada banyak jenis usaha yang bisa Anda pilih, yang bisa jadi sudah ada dalam diri Anda atau bahkan sudah di depan mata.

Berikut beberapa hal yang mungkin bisa Anda jadikan inspirasi untuk memilih jenis usaha :

  • Amati barang-barang di sekeliling Anda dan yang sedang Anda gunakan
  • Rasakan apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh oleh diri Anda
  • Searching di Internet yang menyediakan informasi bisnis
  • Membaca buku yang berkaitan dengan kewirausahaan
  • Membaca koran, majalah, atau tabloid yang berisikan peluang usaha
  • Membaca yellow pages
  • mengunjungi teman, kenalan, atau sahabat
  • Menghadiri seminar bisnis, pameran bisnis, dan sebagainya.
  • Mengunjungi pusat-pusat inkubator bisnis
  • Mengunjungi pusat-pusat perbelanjaan dan restoran waralaba
  • Mengunjungi penemuan baru, pameran dagang, dan pameran-pameran lainnya
  • Kunjungi asosiasi dagang dan bisnis
  • Ikuti pertemuan alumni